Bayi Jadi Korban Orangtua yg Tidak Siap

Kasus pembuangan bayi, bahkan aborsi memang bukan fenomena baru. Namun, akhir2 ini kasusnya meningkat. Kasus tersebut bisa terjadi krn anak tsb tidak dikehendaki atau menimbulkan aib.

Di masyarakat kita, ada orangtua yg tdk siap memiliki anak. Ketidaksiapan tsb bisa karena kemiskinan, aib dan juga gangguan psikologis. Akhirnya anak ditelantarkan, bahkan dibunuh.

Sebagai contoh hamil diluar nikah pada remaja. Agar anak tidak salah pergaulan, orangtua juga harus menjalin komunikasi yg baik dgn anak. Shga apabila ada kasus anak hamil diluar nikah, ortu tahu dan mengambil langkah yg bijak.

Selain pengertian dr ortu, masyarakat juga harus bertindak bijak. Kondisi kehamilan diluar nikah cukup kompleks , korban sudah menerima kehamilannya, ortu juga menerima, tp bagaimana dgn masyarakat yg bersikap sinis?. Akibatnya, kalau korban dan ortu tdk kuat menahan tekanan. Akan tetap terjadi kasus pembuangan bayi.

Apabila ortu bayi tsb membuang atau membunuh bayinya karena aib, masyarakat pun juga ikut bersalah. Krn memang selama ini masyarakat selalu menghakimi, mencemooh, menyebarkan aib. Masyarakat biasanya terlalu menggunjing, atau menekan pelaku atau korban.

Orang hamil diluar nikah itu kan korban, korban perkosaan, korban keadaan, situasi, dan korban kekhilafan. Masyarakat harus bisa arif menyikapi hal itu. Jangan langsung menjatuhkan hukuman..

Semoga bermanfaat.😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: